Kuis Menilai Tingkat Kepercayaan Diri



Skala di bawah ini dibuat untuk mengukur perkiraan tingkat kepercayaan diri Anda. Jawablah “iya” atau “tidak” untuk setiap pertanyaan yang diberikan dengan penuh kejujuran.

1. Biasanya saya bahagia secara mental (Ya/ Tidak)
2. Saya jarang punya masalah kesehatan, misalnya maag (Ya/ Tidak)

3. Saya dapat tidur nyenyak pada malam hari (Ya/ Tidak)
4. Saya biasanya tidak menyerah pada tekanan kelolmpok hanya demi kekompakan (Ya/ Tidak)
5. Saya bisa mengatasi situasi-situasi sulit tanpa obat perangsang (Ya/ Tidak)
6. Saya tidak mengkonsumsi obat penenang (Ya/ Tidak)
7. Saya bisa mengerjakan tugas-tugas sulit dan mengatasinya dengan sukses (Ya/ Tidak)
8. Saya mempunyai sikap tidak kenal susah (Ya/ Tidak)
9. Tak banayak hal baik tentang diri saya yang bisa saya ceritakan (Ya/ Tidak)
10. Lebih sering daripada tidak, saya terganggu oleh suatu masalah (Ya/ Tidak)
11. Saya sering mengalami perasaaan depresi secara tiba-tiba (Ya/ Tidak)
12. Saya punya kecemasan yang tinggi (Ya/ Tidak)
13. Saya gampang setuju dengan keputusan-keputusan kelompok meski saya tidak menyetujuinya (Ya/ Tidak)
14. Kadang-kadang saya merasa sangat tidak aman (Ya/ Tidak)
15. Saya sering menyakiti diri secara mental (Ya/ Tidak)
16. Saya merasa banyak orang tidak menyukai saya (Ya/ Tidak)



Keterangan : 1 poin untuk jawaban iya pada pertanyaan 1-8
         1 poin untuk jawaban tidak pada pertanyaan 9-16

Jumlahkan nilai yang anda dapatkan.
Skor 0-4 anda memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah.
Skor 5-10 anda mempunyai kepercayaan diri di tingkat rata-rata atau normal.
Skor 11-16 anda mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi


Bercerminlah
Jika anda mempunyai kepercayaan diri tinggi , jangan serta merta melaju keaktualisasi diri. Jika anda mempunyai kepercayaan diri yang rendah, jangan khawatir. Sebenarnya, kebanyakan orang cenderung menilai dirinya lebih tinggi dibanding rata-rata orang. Ini berlaku pada hampir semua dimensi yang secara subyektif dan sosial dipandang baik. Kita sebenarnya mempunyai sedikit rasa rendah diri dan mereka yang tidak tampak memilikinya sebenarnya hanya berpura-pura.

Komentar

Postingan Populer