Tips Menghadapi Orang Yang Menangis

   
Alasan saya menulis post ini merupakan pengalaman pribadi. Beberapa saat yang lalu seorang teman saya menangis saat menceritakan kehidupan pribadinya. Namun, mungkin karena itu bukan hal pertama saya melihat orang menangis jadi lebih mudah menanganinya.

    Karena itu post kali ini merupakan share dari pengalaman pribadi ketika teman, saudara atau siapapun menangis saat bercerita dengan anda.


    Tapi sebelum itu mari kita lihat dahulu, apa sih yang dimaksud menangis? Dalam hal ini menangis bukan yang dimaksud dengan hanya mengeluarkan air mata, karena saat mata kita kemasukan debu atau makan makanan pedas respon mata juga sama. Menangis yang dimaksud disini adalah secara psikologis

Dikutip dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Menangis
Menangis adalah respons fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang.
Pada beberapa kasus menangis adalah sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu betul betul sedih atau tertekan.

Nah, menurut saya pribadi menangis merupakan akibat dari kondisi dimana seseorang tertekan dan tidak ada yang bisa dilakukannya.

Berikut tipsnya :

1. Sebaiknya jangan melakukan sentuhan

     Kadang kita menganggap saat orang menangis, dia memerlukan sentuhan yang merupakn empati bahwa kita turut memahami apa yang dia sedihkan. Tapi nyatanya malah akan membuatnya semakin lama menangis.







2. Jangan memberikan kalimat ceramah

     Entah itu quotes, kata mutiara atau apapun namanya. Saat orang sedang menangis berarti dia sedang berekspresi kepada anda. Bukan dia meminta pendapat, yang trjadi malah akan bertentangan dengan si dia.









3. Tunggu sampai agak reda

     Yap, anda harus jadi patung beberapa menit sampai dia mulai reda dari tangisannya. Cukup jadi pendengar yang baik dahulu
Karena yang dia butuhkan adalah pendengar.






4. Ceritakan pengalamanmu yang pernah membuatmu sedih

    Anda pasti juga pernah mempunyai pengalaman yang menyedihkan. Sebagai empati terhadap si dia, anda perlu menceritakan hal tersebut. Yang akan membuatnya merasa kalau tidak hanya dia yang pernah bersedih. Atau kalaupun terpaksa anda tidak punya cerita bisa ceritakn pengalaman orang lain entah dari film, novel, atau apapun.




  
  Itulah sedikit tips dari saya pribadi, gak perlu banyak-banyak karena bisa membuat anda semakin bingung juga.

  Yang perlu anda ingat 4 hal diatas berdasar pengalaman pribadi maka bukanlah rumus mutlak. Karena nyatanya setiap manusia itu unik. Jadi tidak ada rumus mutlak untuk kehidupan manusia.

Komentar

Postingan Populer